Illustrasi Freelancer (Sumber: Freepik)

Hai IMILKOMers! Kamu pengen cari uang tambahan sambil kuliah? Yuk coba menjadi seorang freelancer. Kamu belum tau apa itu freelancer? Simak sampai selesai artikelnya ya!

Freelancer adalah seseorang yang melakukan tugas untuk klien tanpa berkomitmen untuk menjadi karyawan penuh waktu. Freelancer harus mengelola sendiri pajak atas pendapatan yang mereka terima. Tugas ini adalah salah satu faktor yang membedakan mereka dari karyawan.

Freelancer berarti pekerja informal dalam bahasa Indonesia. Pekerjaannya disebut freelance. Sebelum freelancer bekerja untuk klien, mereka biasanya harus mengikuti atau menandatangani perjanjian dengan klien.

Seperti apa sistem gajinya? Nah, itu juga termasuk dalam kesepakatan kedua belah pihak. Freelancer dapat menghasilkan uang per jam, per proyek, per hari, dll.

Sekarang kamu sudah mengerti bukan apa itu freelancer? Nah inilah beberapa website freelance yang bisa kamu coba untuk mencari pekerjaan.

1. Projects.co.id

Link: https://projects.co.id/

Projects.co.id adalah salah satu situs web freelance paling terkenal di Indonesia.

Di sini kamu dapat menemukan berbagai pekerjaan lepas di berbagai bidang. Beberapa di antaranya adalah layanan pemrograman, desain, media sosial, editing audio/video, dan penulisan.

Keunggulan:

  • Salah satu yang terbesar di Indonesia, sehingga di Projects.co.id Anda bisa menemukan berbagai peluang pekerjaan.
  • Jual/beli produk digital. Jadi, tak hanya menawarkan jasa, Anda juga bisa menjual produk digital di Projects.co.id.
  • Program Affiliate Referral. Anda bisa menghasilkan uang dari internet dengan program ini.

2. Sribulancer

Link: https://www.sribulancer.com/

Selain Projects.co.id, Sribulancer juga berhasil mengukuhkan dirinya sebagai job board freelance terpopuler di Indonesia. Tidak jauh berbeda dengan Projects.co.id, kamu bisa menemukan banyak jenis pekerjaan di sini. membuat situs web? Desain grafis?  Ada. Menulis sebuah artikel? Tentu saja ada.

Sribulancer juga merupakan salah satu situs independen pertama yang menawarkan pembayaran melalui transfer bank. Sehingga sangat cocok untuk warga negara Indonesia yang kebanyakan tidak memiliki kartu kredit.

Keunggulan:

  • Salah satu situs freelance populer di Indonesia. Macam-macam klien yang membutuhkan berbagai pekerjaan bisa ditemukan di sini.
  • Go International! Sribulancer tersedia dalam dua bahasa dan dalam dua mata uang, sehingga Anda bisa mendapatkan klien dari luar negeri.

3. Fiverr

Link: https://www.fiverr.com/

Situs internasional pertama dalam daftar ini adalah Fiverr. Fiverr memiliki cara kerja yang benar-benar berlawanan dengan kebanyakan situs web freelance yang ada.

Jika di situs web pekerja lepas lainnya, klien memposting iklan mencari pekerja lepas. Tapi di Fiverr, freelancer memposting sambil mencari klien.

Sistem Fiverr tentu saja unik. Karena kamu tidak perlu repot mencari atau mempromosikan iklan yang dibuka secara individual oleh pelanggan. Yang harus kamu lakukan adalah memasang iklan dan menunggu iklan kamu menemukan pelanggan yang tepat.

Fiverr juga menghormati privasi pengguna yang menggunakan situs ini.

Jadi kamu tidak perlu khawatir tentang penipuan atau kehilangan informasi pribadi. Fiverr juga menggunakan sistem keamanan yang canggih, jadi ketika kamu membagikan file di sana, keamanannya terjamin.

Keunggulan:

  • Klien yang mencari Anda. Jadi, Anda tak perlu repot-repot cari klien kesana kemari.
  • Sistem keamanan canggih. Tak perlu takut kena tipu atau data pribadi Anda dicuri.

4. UpWork

Link: https://www.upwork.com/

Dengan lebih dari 12 juta pencari kerja dan tiga juta klien, Upwork dikenal sebagai situs web freelance terbesar di dunia maya. Oleh karena itu, kamu akan menemukan banyak tawaran pekerjaan di sini.

Dengan Upwork, sistem pembayaran dapat ditagih per jam atau per proyek. Dengan cara ini, kami menawarkan fleksibilitas bagi pencari kerja dan pencari layanan.

Upwork juga menawarkan berbagai fitur yang dapat menunjang karir freelance kamu. Sebut saja ruang kolaborasi dan billing.

Keunggulan:

  • Situs freelance terbesar. Sehingga Anda bisa menemukan klien yang membutuhkan berbagai macam pekerjaan di sini.
  • Sistem pembayaran fleksibel. Bisa per jam ataupun per proyek, tergantung kesepakatan.
  • Fitur-fitur pendukung karir freelance. Seperti collaborative space dan pembuat invoice bawaan. Sehingga, website freelance ini sangat akomodatif untuk para freelancer pemula.

5. Freelancer

Link: https://www.freelancer.com/

Hampir seperti Upwork, Freelancer juga merupakan salah satu website freelance terbaik dengan jumlah pengguna terbanyak. Situs freelance ini dilaporkan digunakan oleh lebih dari 42 juta pencari kerja dan klien.

Satu hal yang membedakan Freelancer dengan situs freelance lainnya adalah kamu harus membayar untuk menjadi member disini.

Tentu saja kamu tidak benar-benar diminta untuk segera membayar. Kamu hanya membayar bila kamu telah mengirimkan delapan proposal kepada pencari jasa.

Keunggulan:

  • Salah satu website freelance terbesar. Ada lebih dari 42 juta pencari kerja dan klien.
  • Gratis delapan proposal awal (Free trial). Anda bisa mencoba-coba situs ini sebelum memutuskan untuk membeli permanen. Hal ini menunjukkan bahwa website freelance ini cocok untuk pemula.

6. 99Design

Link: https://99designs.com/

Seperti namanya, situs freelance ini berfokus pada desainer. Sama seperti Sribu, 99design juga memungkinkan kamu berpartisipasi dalam kontes untuk menarik minat klien kepada kamu.

Jangan khawatir, situs freelance ini juga menawarkan berbagai artikel untuk desainer grafis pemula. Ada tips desain, tips membangun karir freelance dan lainnya.

Keunggulan:

  • Fokus ke proyek-proyek untuk desainer.
  • Artikel yang membantu. Beragam artikel bisa membantu Anda membangun karir freelance.

Nah itu dia beberapa website freelance. Jika kamu baru memulai karir sebagai freelancer, kami sarankan untuk mencoba website freelance Indonesia seperti Projects.co.id dan Sribulancer. Kalau sudah terbiasa dengan dunia freelance, silahkan kamu coba freelance internasional.

Semoga artikel ini membantu kamu ya! Nantikan artikel lainnya di minggu depan. Byebye 😀

Referensi:

https://glints.com/id/lowongan/freelancer-adalah/

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *