7 Anime yang Membahas Teknologi Canggih, Meramal Masa Depan?

Anime sering kali mengambil setting di masa depan di mana teknologi yang digunakan umat manusia sudah sangat maju.

Dari sekian banyak anime yang mengembil setting di masa depan, hanya sedikit yang meng-highlight teknologi yang digunakan di anime tersebut.

Untuk para pecinta teknologi, beberapa anime yang membahas teknologi masa depan di list ini bisa jadi referensi seperti apa kira-kira teknologi yang berkembang di masa depan nantinya.

Meskipun tidak masuk akal, penjelasan ini bisa menjadi dasar bagi para penonton untuk mengikuti jalan cerita di anime tersebut.

Anime apa saja sih yang membahas teknologi canggih yang ada di dunia mereka? Berikut informasi selengkapnya.

1. Steins;Gate

Sancinema Blogspot Com 8bf22
Sumber foto: sancinema.blogspot.com

Steins;Gate adalah anime science fiction yang bercerita mengenai seorang ilmuan yang berhasil menemukan mesin waktu.

Tidak seperti anime lain yang hanya pergi ke masa depan dan masa lalu tanpa konsekuensi apapun, anime ini mengilustrasikan secara gamblang apa efek yang mungkin terjadi jika mengubah kejadian di masa lalu.

Steins;Gate juga mennjelaskan dengan sangat baik bagaimana mesin waktu mereka bekerja dan memengaruhi kejadian-kejadian di masa lalu.

2. Sword Art Online

Aminoapps Com 9c821
Sumber foto: aminoapps.com

Salah satu anime isekai ini bercerita mengenai sekumpulan orang yang masuk ke dalam dunia game yang berpengaruh dengan tubuh asli mereka di dunia nyata.

NerveGear, alat yang digunakan di dalam anime ini dikarakterisasi dengan sangat baik. Selain itu teknologi VR di anime ini juga selalu dikembangkan dan penonton diberi informasi mengenai perkembangannya.

Anime ini cocok jadi referensi buat kalian yang suka sama game dan bercita-cita untuk menjadi pengembang game.

3. Legend of the Galactic Heroes

Imageur Com A99f5
Sumber foto: imageur.com

Salah satu anime legendaris terbaik ini berisikan berbagai macam teknologi masa depan dari mulai organ buatan hingga kapal perang luar angkasa.

Anime yang satu ini juga memberikan penjelasan menganai proses perjalanan di luar angkasa dari pemilihan jalur hingga koordinasi armada kapal perang mereka.

Legend of the Galactic Heroes cocok banget ditonton sebagai referensi kira-kira di masa depan kehidupan manusia akan menjadi seperti apa nantinya.

4. Psycho Pass

Wall Alphacoders Com Ca9a4
Sumber foto: wall.alphacoders.com

Anime aksi kriminal yang satu ini bercerita mengenai dunia di mana segala kegiatan manusia diawasi dan ditentukan oleh sebuah sistem AI.

Sistem ini menentukan berbagai macam segi kehidupan manusia dari mulai karir seperti apa yang harus diambil, hingga layak atau tidaknya seseorang dikategorikan sebagai penjahat.

Psycho Pass menggambarkan kekacauan yang mungkin terjadi ketika manusia terlalu bergantung kepada sebuah sistem.

Anime ini sangat baik dalam menyajikan ironi hubungan saling ketergantungan di antara manusia dan teknologi.

5. Ghost in the Shell Standalone Complex

Aminoapps Comm 82093
Sumber foto: aminoapps.com

Bayangan dunia di mana manusia dapat mengganti hampir seluruh bagian tubuhnya dengan mesin tergambar dengan sangat jelas di anime sci-fi ini.

Ghost in the Shell Standalone Complex bercerita mengenai sekelompok polisi cyber yang berusaha mengungkap konspirasi kejahatan.

Selain menggambarkan kecanggihan dunia di masa depan, anime ini juga menyajikan kontradiksi bahaya seperti apa yang mungkin terjadi apabila tubuh manusia diintegrasikan dengan mesin.

6. Mobile Suit Gundam Wing

Getwallpapers Com 41445
Sumber foto: getwallpapers.com

Salah satu seri dari franchise anime mecha ternama yang satu ini berisikan berbagai macam teknologi menarik yang mungkin ditemukan di masa depan.

Dari mulai robot raksasa, pertambangan asteroid, hingga koloni luar angkasa semuanya disajikan dengan gamblang di dalam anime ini.

Bukan hanya menunjukkan teknologi masa depan, anime ini juga memberikan gambaran mengapa sebuah robot bisa lebih kuat dibanding robot lainnya dan juga penjelasan-penjelasan teknologi lainya.

Anime ini sudah mengeksploitasi penggunaan AI pada robot raksasa di tahun 1996 ketika teknologi AI belum populer sama sekali.

7. Dragon Ball

Reddit Com 69787
Sumber foto: reddit.com

Anime aksi yang satu ini bukan cuma berisi pertarungan over the top di antara para karakternya, tetapi juga menyuguhkan teknologi masa depan yang menarik.

Bulma digambarkan sebagai seorang ilmuan pintar yang mampu membuat berbagai macam teknologi menarik.

Anime ini memperkenalkan teknologi seperti kapsul penyimpan berbagai benda, pesawat antariksa, hingga mobil terapung yang tidak memiliki roda.

Meskipun penjelasannya hanya sebatas di permukaan saja, teknologi yang ada di anime ini tergolong ke dalam teknologi masa depan yang menarik untuk dicermati.


Itu dia 7 anime yang membahas teknologi dengan sangat baik di dalamnya. Teknologi ini digambarkan dengan sangat baik meskipun bukan merupakan fokus utama anime tersebut.

Anime memang dikenal sebagai medium yang mampu mengekspresikan berbagai macam khayalan menjadi kenyataan, termasuk teknologi khayalan.

Anime di list ini bisa jadi referensi menarik buat kalian yang lagi nyari hiburan seru sekaligus mencari inspirasi mengenai teknologi.

Well, it’s time to say goodbye, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Sumber: https://jalantikus.com/tips/anime-membahas-teknologi/

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *