Dalam era digital seperti sekarang, transaksi online pasti sudah tidak asing lagi. Mulai dari membayar tagihan, membeli barang, atau transfer uang, semuanya bisa dilakukan lewat handphone atau laptop. Namun, maraknya berbagai modus kejahatan pada transaksi digital, menjadi ketakutan tersendiri.

Kejahatan transaksi digital biasanya menggunakan teknik manipulasi sosial, dimana pelaku mengambil informasi rahasia dari nasabah dengan trik tertentu. Memanipulasi seseorang untuk memberikan passwordnya cenderung lebih mudah daripada membobol sistem untuk mendapatkannya. Oleh karena itu, agar terhindar dari kerugian, diperlukan kewaspadaan dan pemahaman cara bertransaksi digital secara aman.

Berikut ini adalah cara aman berbelanja dan transaksi online yang dapat Anda lakukan.

1.  Jaga kerahasiaan data pribadi

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menjaga kerahasiaan data pribadi. Hindari memberikan data seperti user ID, password, dan kode OTP kepada siapapun. Selain itu, membagikan data pribadi seperti nomor telepon, email, dan nomor identitas di media sosial juga berpotensi untuk disalahgunakan. Pastikan membuat password yang sulit ditebak, misalnya data pribadi yang umum dipakai sebagai password dengan alasan kemudahan mengingat, antara lain tanggal lahir atau nama.

2. Pastikan Perangkat dan Jaringan yang Digunakan Sudah Aman

Tips kedua ketika melakukan transaksi online adalah jangan sesekali menggunakan perangkat dan jaringan umum. Apalagi bagi kamu yang suka menggunakan jaringan Wifi publik karena memperbesar kemungkinan terjadinya pembobolan dan pencurian data oleh para pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, jangan langsung senang ketika ada akses wifi secara gratis di tempat umum karena risiko tersebut bisa mengancam privasi kamu nantinya.

3. Belanja di Situs Belanja Online Terpercaya

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan saat berbelanja online adalah dengan menggunakan situs belanja online yang memang sudah terpercaya. Situs-situs belanja online yang memang sudah terpercaya tentu saja sudah dilengkapi dengan aplikasi yang memiliki sekuritas yang terjamin. Sehingga membuat konsumen merasa lebih nyaman dan aman saat berbelanja. Dengan nama yang besar, tentu saja situs-situs tersebut akan memberikan jaminan keamanan bagi konsumen.

4. Pilih Seller yang Memiliki Reputasi Terbaik

Carilah seller dengan reputasi terbaik. Terkadang meskipun berbelanja di situs-situs online terbesar yang menerapkan sistem marketplace tetap saja ada penjual-penjual yang tidak professional. Sehingga tentu saja akan merugikan Anda nantinya, apakah itu karena respon chat yang lambat ataupun faktor lain yang dapat merugikan Anda sebagai pembeli.

Untuk itu pastikan untuk memilih seller terbaik yang memang sudah direkomendasikan serta memiliki reputasi yang cukup bagus. Untuk mencari informasi ini sebenarnya sangatlah mudah, biasanya di situs-situs online penjual dengan reputasi terbaik dapat dilihat dari bintang ataupun nilai tertentu. Semakin tinggi bintang ataupun nilai penjual, maka akan semakin terpercaya seller tersebut.

5. Aktifkan Notifikasi dan Simpan Bukti Setiap Melakukan Transaksi Online

Kamu juga harus mengaktifkan notifikasi transaksi. Di mana, notifikasi ini akan muncul setiap kali transaksi online dilakukan. Jika perangkatmu mendeteksi adanya aktivitas transaksi mencurigakan, kamu bisa dengan sigap menindaklanjuti dan melaporkannya pada bank atau layanan transaksi digital yang digunakan.

Selain itu, simpanlah semua bukti print out maupun screenshot setiap melakukan transaksi online. Dengan begitu, kamu bisa mengajukan komplain atau melaporkan toko dengan bukti konkret apabila mengalami kendala yang tidak diinginkan.

6. Cari Informasi Melalui Contact Center Resmi

​Terakhir, apabila ada masalah saat transaksi, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi contact center resmi penyelenggara. Nomor contact center resmi bisa didapatkan dari website atau akun media sosial resmi penyelenggara.


Dann itu saja tips dan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika berbelanja dan bertransaksi online. Yuk, tingkatkan kewaspadaan dan ketelitian sobat IMILKOMers di era digital ini karena kejahatan pasti akan ada dalam bentuk apapun! Sekian artikel kali ini dan tunggu lagi artikel baru dari kami selanjutnya!!

Sumber: bi.go.id, eraspace.com, tribunnews.com

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *