Anyeong IMILKOMers! Melanjutkan materi yang sebelumnya kini kami akan menjelaskan dasar pemrograman yang sangat penting! Apakah itu? Yakk betul… seperti yang sudah kalian lihat dijudul sekarang kita akan membahas tentang program input output. Pada umumnya komputer menerima data masukan (input) dan data keluaran (output) seperti gambar dibawah ini:

Illustrasi Program Input Output (Sumber: Google)

Input adalah sesuatu data yang kita masukan ke dalam program.

Input biasanya diambil dari perangakat inputan seperti keyboard, mouse, kamera, microphone, dll.

Proses adalah langkah-langkah yang harus dilakukan program untuk menghasilkan output.

Output adalah informasi yang dihasilkan setelah dilakukan proses. Output biasanya ditampilkan ke layar komputer.

Agar kamu lebih mengerti berikut beberapa contoh program input output:

1. Program Hello World

Kalau kamu belum pernah mencoba program yang satu ini maka belum sah kamu memulai menjadi seorang programmer. Loh? Kok gitu? Jawabannya adalah karena saat pertama kali mempelajari program untuk mencetak tulisan hampir selalu ditemukan pada buku – buku dengan memulai contoh program pertamanya dengan mencetak tulisan “Hello world!”.

Program HelloWorld ini tidak menerima input, tetapi hanya memiliki satu instruksi yaitu untuk mencetak string “Hello world!” ke layar. Nah tanpa berbasa basi lagi berikut beberapa algoritma dari program mencetak “Hello world!”

Versi 1:

Program HelloWorld
{Program untuk mencetak tulisan “Hello world!”}

DEKLARASI
   {Tidak ada}

ALGORITMA:
   Write(‘Hello world!’)

Versi 2:

Program HelloWorld2
{Program untuk mencetak tulisan “Hello world!”}

DEKLARASI
   Const pesan=’Hello world!’

ALGORITMA:
   Write(pesan)

2. Program Sapaan

Algoritma selanjutnya adalah program sapaan (greeting) yang merupakan pengembangan dari program HelloWorld. Program sapaan ini akan meminta input berupa nama, lalu menampilkan sapaan ‘Halo, <nama>’, dengan <nama> adalah string yang dimasukkan oleh user. Berikut algoritmanya:

Program Sapaan
{Program yang menerima input <nama> dan mencetak sapaan ‘Halo, <nama>’}

DEKLARASI
   Nama : string

ALGORITMA:
   Read(nama)
   Write(‘Halo, ’, <nama>)

3. Program Luas Lingkaran

Pada contoh terakhir ini kita akan menggunakan konstanta (const). Rumus luas lingkaran adalah L = πr2, dengan π adalah konstanta yang sering disederhanakan menjadi 3.14 atau 22/7.

Disini kita akan membuat program menghitung luas lingkaran. Jari-jari lingkaran diinput, selanjutnya luasnya akan ditampilkan ke layar. Algoritma ini akan membaca panjang jari-jari lingkaran, menghitung luas, dan menampilkan luas lingkaran ke layar.

Program LuasLingkaran
{Program membaca panjang jari-jari(r) sebuah lingkaran, menghitung luas lingkaran, lalu mencetak luas ke layar}

DEKLARASI
   const pi = 3.14	{konstanta π}
   R : real			{jari-jari lingkaran, dalam satuan cm}
   L : real			{luas lingkaran, dalam satuan cm2}

ALGORITMA:
   Read(r)					{inputkan jari-jari lingkaran}
   L ← pi * r * r				{hitung luas lingkaran}
   Write(‘Luas lingkaran: ’, L)	{menampilkan luas lingkaran}

Itu dia penjelasan tentang program input/output kali ini. Bagaimana? Mudah bukan? Untuk penjelasan selanjutnya nantikan artikel minggu depan ya guys! 😀 See u later~

Sumber:

Munir, R., & Lidya, L. (2016). Algoritma dan Pemrograman dalam bahasa pascal, C, dan C++.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *