Halo chinggu, hari ini admin membawa topik yang lagi fresh dan mimin liat liat nih agak rame ya baik itu dari tik-tok Instagram dan sosial media lain. Yang pastinya hari ini kita ga bahas alif cepmek yaa. Tapi kita akan membahas mengenai tren deepfake yang lagi rame. Iyaa rame seperti barisan mantanmu. Yaudahla ya without anyfurther do yuk kita mulaipembahasan hari ini mengenai deepfake.

Deep fake adalah teknologi yang memungkinkan seseorang untuk menciptakan video atau audio palsu dengan menggunakan teknik pembelajaran mesin yang canggih. Dengan deep fake, orang dapat mengganti wajah seseorang di dalam sebuah video dengan wajah orang lain,atau mengubah suara seseorang dengan suara orang lain.

Deep fake diciptakan dengan menggunakan teknik pembelajaran mesin yang disebut “generative adversarial networks” (GANs). GANs terdiri dari dua jaringan saraf tiruan yang bekerjasama untuk menghasilkan sebuah hasil yang meyakinkan. Jaringan saraf tiruan pertama bertugas untuk menghasilkan video atau audio yang diinginkan, sementara jaringan saraf tiruan kedua bertugas untuk memverifikasi apakah hasil yang dihasilkan oleh jaringan pertama adalah asli atau tidak.

The problem is banyak banget loh pengguna sosial media yang ga sadar bahwa mereka sebenarnya sering ataupun pernah membuat video dengan metode deepfake. Nah biar ga ngambang coba kalian liat video berikut ini

Nahh pasti kalian pernah kan liat video semacam diatas di sosial media yang kalian punya? video tersebut dibuat juga dengan menerapkan teknik deepfake. Jadi setelah tau sebenarnya ini deepfake apaan sie, kita bahas yuk mengenai ada gak sih kerugian atau positifnya menggunakan deepfake ini.

Sebenarnya deepfake memiliki banyak sekali potensi jika dimanfaatkan secara legal dan baik. Contohnya dengan menggunakan deepfake kita dapat membantu dalam pembuatan film dan video game. Dengan deepfake, para pembuat film dapat dengan mudah mengganti wajah aktor dengan wajah aktor lain, tanpa harus mengadakan pemotretan ulang. Hal ini dapat menghemat banyak waktu dan uang dalam proses produksi film. Selain itu,deepfake juga dapat digunakan untuk menciptakan efek khusus yang tidak mungkin dilakukan dengan cara tradisional. Contoh lainnya Deepfake juga dapat digunakan dalam bidang pendidikan. Dengan deepfake, para guru dapat dengan mudah membuat video tutorial yang menarik, dengan mengganti wajah mereka dengan wajah selebriti atau tokoh terkenal lainnya. Hal ini dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa dan meningkatkan efektivitas pembelajaran. 

Namun sayang banget , karena dibalik berbagai potensi yang dimiliki, deepfake dapat digunakan untuk kejahatan yang beragam, terutama yang berkaitan dengan penipuan dan fitnah. Misalnya, seseorang dapat menggunakan deepfake untuk membuat video yangmenunjukkan seseorang melakukan tindakan tidak etis atau ilegal, sehingga orang tersebut dapat dituduh tanpa dasar yang kuat. Deepfake juga dapat digunakan untuk menyebarkan desinformasi dengan membuat video yang tampak seolah-olah terdapat pernyataan yang tidak benar dari seorang tokoh terkenal atau pemimpin negara. dan ini udah banyak kasus nya lo guys, bahkan melibatkan petinggi negara dan orang orang berpengaruh. seram banget ga sihh.

Ilustrasi Deepfake

Tuh guys, jadi sebenarnya deepfake ini ibarat pisau bermata 2 guys bukan bermuka 2,tergantung bagaimana cara kamu menggunakan deepfake dan memanfaatkan segala fitur dan kemudahan yang diberikan dengan menggunakan metode deepfake ini. gimana menurut kalian guys?? semakin tertarik atau semakin ngeri dengan keberadaan deepfake ini? komen dibawah yaa guys. terimakasihh

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *