Illustrasi Jurnal (Sumber: Google)

Hola IMILKOMers! Kembali lagi bersama mimin yang paling kece πŸ˜€ Sebagai seorang mahasiswa kamu pasti sering mencari jurnal sebagai referensi bukan? Tapi kamu masih bingung mau cari jurnal dimana? Nih sekarang mimin kasih tau yaa rekomendasi beberapa website untuk mencari jurnal, biar kamu ga pusing-pusing lagi mau cari kemana hihihi.

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)

(Website Perpusnas)

Perpustakaan Nasional menawarkan e-resources atau perpustakaan digital dengan referensi lengkap, antara lain e-book, jurnal, dan karya ilmiah lainnya. Semua referensi ini bisa kamu gunakan jika kamu sudah menjadi anggota Perpustakaan Nasional dan memiliki nomor keanggotaan.

Menariknya, Perpustakaan Nasional juga berlangganan sejumlah penyedia referensi ternama nasional dan internasional seperti Balai Pustaka, ProQuest, Cambridge University Press, ScienceDirect dan Princeton University Press. Semua koleksi ini juga tersedia jika  sudah menjadi member Perpustakaan Nasional.

Link : https://www.perpusnas.go.id/

2. Google Scholar

(Website Google Scholar)

Kamu pasti sudah sering menggunakan situs Google bukan? Nah, Google Scholar juga memiliki operasi dan fungsi yang sama dengan mesin pencari. Bedanya, hasil pencarian Google Scholar tertaut langsung ke berbagai koleksi referensi ilmiah seperti buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah lainnya.

Setelah itu, setiap hasil pencarian juga dilengkapi dengan keterangan berapa kali karya tersebut direferensikan, berapa versi dan artikel terkait yang dapat dicari untuk artikel terkait karya tersebut. Halaman ini memiliki filter berdasarkan tahun publikasi dan kepentingan topik, sehingga memudahkan pencarian jurnal secara instan. 

Link: https://scholar.google.com/

3. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

(Website DOAJ)

DOAJ menawarkan sekitar 15.000 jurnal dan 5 juta artikel dari 134 negara termasuk Indonesia. Hebatnya, situs ini memiliki antarmuka pengguna yang sederhana dan fungsi pencarian lengkap. Kamu dapat mencari jurnal berdasarkan nama, kata kunci, negara penerbit, bahasa yang digunakan, subjek dan penerbit. Topik jurnal yang dapat kamu telusuri di halaman ini meliputi teknologi, bahasa dan sastra, hukum, ilmu politik, pendidikan, dan banyak topik lainnya. 

Link:  https://doaj.org/

4. Academia.edu

Academia.edu juga menyediakan fungsi yang sama dengan ResearchGate, yaitu sebagai jejaring sosial untuk berbagi dan mengakses artikel akademik serta terhubung dengan banyak peneliti dan ilmuwan. Website ini memiliki lebih dari 137 juta pengguna dan sekitar 26 juta artikel ilmiah. Untuk mengakses dan mengunduh koleksi, kamu harus terlebih dahulu memiliki akun di platform ini. 

Link: https://www.academia.edu/

5. ResearchGate

(Website ResearchGate)

ResearchGate digunakan sebagai jejaring sosial bagi para ilmuwan dan peneliti untuk mempublikasikan dan mengakses jutaan artikel ilmiah, termasuk jurnal. Uniknya platform ini seperti platform jejaring sosial pada umumnya, ResearchGate juga menawarkan beberapa fitur menarik.

ResearchGate memungkinkan kamu terhubung dengan pengguna lain dengan fokus yang sama atau mengajukan pertanyaan dan mendiskusikan masalah dengan mereka. 

Link: https://www.researchgate.net/

Nah… itu dia beberapa rekomendasi website untuk mencari jurnal dari kami. Untuk informasi-informasi menarik lainnya nantikan artikel selanjutnya ya! See you next time IMILKOMers! πŸ˜€

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *