Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komputer (Sumber: Google)

Aloha IMILKOMers! Kalian merasa gak sih akhir-akhir ini banyak banget yang memilih jurusan ilmu komputer sebagai jurusan yang paling banyak peminatnya. Kamu pasti tau kan.. alasannya kenapa? Yak betul… karena sekarang prospek pekerjaan dibidang ilmu komputer itu sangat banyak dan bisa diterapkan disegala bidang. Kamu penasaran apa saja prospek karier untuk lulusan ilmu komputer? Cuss simak artikelnya sampai habis ya!

1. Software Developer

Software Developer (Sumber: Google)

Software developer adalah orang yang tugasnya mengembangkan dan menciptakan produk. Mereka melakukan ini dengan menggunakan prinsip desain dan implementasi rekayasa perangkat lunak. Ini termasuk kinerja, pemeliharaan, skalabilitas, daya tahan dan keamanan.

Selain itu, mereka juga mendiagnosis masalah perangkat lunak dan memastikan bahwa perangkat lunak yang mereka buat berfungsi. Mereka juga mengujinya terlebih dahulu sebelum merilisnya untuk mengetahui apakah produk tersebut efektif dan bekerja. Software developer juga terlibat dalam semua proses yang berkaitan dengan pembuatan dan desain sistem baru.

Mereka merancang, membuat parameter, membuat sketsa, kode, kode, dan menguji. Tentunya proses ini tidak dilakukan sendiri, melainkan dengan tim lain, termasuk software engineer.

Software developer sering menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda. Memang, pekerjaan mereka sangat kompleks dan membutuhkan lebih banyak pengetahuan tentang komputer, sains, dan bahkan matematika. Pekerjaan programmer berkembang seiring dengan perkembangan teknologi yang juga berubah dengan cepat. Oleh karena itu, pengembang seringkali harus belajar untuk mengembangkan dirinya sendiri. 

2. Web Developer

Web Developer (Sumber: Google)

Web developer adalah orang yang bertanggung jawab untuk membuat dan mengembangkan situs web, atau dengan kata lain, pengembangan web.

Umumnya seorang web developer bertanggung jawab untuk membuat sebuah website atau aplikasi seperti tombol menu, search box, dll. Selain itu, mereka juga memastikan kinerja situs web yang optimal.

Namun, peran seorang web developer juga bergantung pada keahlian yang dimiliki. Berikut adalah jenis-jenis web developer:

  • Back-end developer:

pengembang web yang pekerjaannya terkait dengan server. Kamu bertanggung jawab untuk memastikan bahwa situs web selalu cepat, aman, dan berfungsi sebagaimana mestinya.

  • Front-end developer:

Desain antarmuka pengguna situs web. Tujuannya agar website memiliki tata letak yang baik dan fitur yang mudah digunakan pengunjung.

  • Full-stack developer:

Pengembang web melakukan pekerjaan depan dan belakang pada saat yang bersamaan. Pengembang penuh waktu harus dapat membangun tampilan dan nuansa situs web sambil mengoptimalkan kecepatan dan keamanan di sisi server. 

3. Konsultan IT

Konsultan IT (Sumber: Google)

Konsultan IT biasanya bertindak sebagai jembatan antara tim teknis dan karyawan untuk memahami kebutuhan model dan strategi bisnis klien. Menjadi seorang konsultan IT bukanlah profesi yang dianggap biasa di Indonesia, bahkan banyak perusahaan yang menyediakan jasa konsultasi di bidang teknologi informasi dan menawarkan gaji yang tinggi.

Untuk menjadi konsultan IT, Kamu harus memiliki keahlian teknologi informasi yang spesifik. Mereka juga perlu memahami kepribadian dan harapan pelanggan dan menerjemahkannya ke dalam TI. 

4. Intelligent System Developer

Intelligent System Developer (Sumber: Google)

Intelligent system developer adalah profesi yang bertanggung jawab untuk mengembangkan sistem atau perangkat lunak khusus yang membutuhkan kecerdasan buatan atau teknik kecerdasan buatan. Profesi ini bertanggung jawab atas mesin yang dapat melakukan tugas tertentu seperti manusia.

5. Game Developer

Game Developer (Sumber: Google)

Game developer adalah seorang pengembang software yang mempunyai keahlian pada bidang pembuatan game. Para game developer memiliki tugas untuk membuat software game yang nantinya bisa diakses melalui berbagai device. Mulai dari device video game, PC/laptop, hingga smartphone.

Untuk menjadi seorang game developer, kamu perlu memahami berbagai konsep penting dari pembuatan dan pengembangan sebuah aplikasi game. Kamu juga harus bisa memberikan detail kode/koding program. Tidak hanya itu, kamu juga harus  memiliki kecintaan pada game dan cita rasa seni. Mengingat kamu juga akan memasuki ranah produksi aplikasi, pembuatan audio yang tepat, seni visual, dan desain grafis.

Bagaimana prospek pekerjaan di jurusan kita? Sangat menarik dan beragam bukan 😀 Kira-kira kamu sudah ada gambaran ingin bekerja dibidang apa? Tetap semangat menjalani perkuliahan dan semangat mengejar impianmu ya IMILKOMers! See you next time ^^

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *