Ketika membangun bot, memilih medium yang tepat untuk menyampaikan pesan dari perusahaan adalah keputusan pertama yang perlu kamu buat. Daripada hanya mengikuti tren yang berlangsung, memahami kekuatan dan kelemahan tiap medium (suara, teks, atau keduanya) akan memberimu insight yang dibutuhkan untuk membangun pengalaman terbaik bagi para pelanggan. Jadi, berikut 3 Acuan yang perlu kamu ketahui:

Volume dari transmisi informasi: melihat vs mendengarkan vs membaca
Melihat/menatap (antarmuka visual, video, atau gambar) bisa mengirim informasi paling cepat. Mendengarkan (atau suara) sedikit lebih lambat, dan membaca menjadi yang paling lambat.

Suara bisa menyampaikan lebih banyak informasi dengan rentang perhatian yang lebih pendek. Ini berarti kamu bisa memakai kalimat-kalimat yang lebih panjang untuk kalimat yang diucapkan bot tanpa kehilangan perhatian pengguna.

Informasi yang disampaikan: teks vs gambar vs media lain
Suara hanya bisa menyampaikan informasi lewat indera pendengaran. Sebaliknya, pesan teks bisa mengirimkan gambar, video, dan menampilkan elemen-elemen antarmuka lain seperti fitur quick reply dan carousel.

Salah satu contoh penggunaan bot berbasis teks yang lebih cocok daripada suara adalah belanja online, di mana pesan teks membuat pengguna bisa melihat banyak gambar dan membandingkan produk. Suara akan bekerja lebih baik saat kamu ingin memilih lagu yang ingin diputar dalam mobil.

User journey: linier vs nonlinier
Bot suara adalah pilihan bagus jika user journey yang kamu pakai cukup linier. Bot berbasis teks sangat cocok jika ada banyak jalur yang bisa diambil pengguna.

Saat ada banyak pilihan, seperti memilih dari menu dan membandingkan berbagai opsi, pesan teks menyediakan pengalaman pengguna yang lebih baik daripada suara. Sejak ada fitur-fitur seperti quick reply dan carousel, kamu tak perlu mengingat pilihan mana yang tersedia.

Jika user journey cenderung linier, pengguna akan lebih mudah menentukan pilihan menggunakan bot suara. Misalnya, pengguna yang mencoba memperbaiki suatu perkakas bisa mengikuti instruksi dari bot sekaligus memerintahkannya tanpa harus memegang ponsel.

Sumber : https://id.techinasia.com/acuan-utama-menentukan-jenis-bot
Sumber Foto : https://id.techinasia.com/

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *