Internet tampaknya saat ini menjadi kebutuhan utama bagi milenial. Internet yang berkembang dengan kecepatan yang kian cepat bisa memberikan banyak kemudahan dan membantu pekerjaan manusia.

Teknologi 5G saat ini menjadi perbincangan hangat, yang menawarkan kecepatan internet melebihi kemampuan 4G saat ini. Kabarnya, 5G memiliki kecepatan 10 kali lipat lebih tinggi dibandingkan 4G.

Ada yang lebih luas dari sekedar pemanfaatan 5G untuk content-based, yakni bagaimana menghasilkan kemudahan serta efisiensi yang bisa dirasakan untuk bidang kesehatan, perikanan, smart city, kebersihan, hingga keamanan lalu lintas.

Kesehatan
Dengan kecepatan internet yang tinggi, memungkinkan dokter melakukan pemeriksaan kesehatan, bahkan operasi atau bedah jarak jauh. Hal yang mungkin tidak pernah terbayangkan oleh manusia, namun hal ini mungkin untuk direalisasikan dengan kehadiran teknologi internet berkecepatan tinggi.

Keamanan Lalu Lintas
Dengan kecepatan internet tinggi, maka komunikasi bisa dilakukan dengan lancar. Bahkan, teknologi seperti drone bisa diluncurkan untuk berpatroli di udara, memudahkan tugas polisi untuk memantau lalu lintas, merekam gambar atau live streaming berkecepatan tinggi untuk melihat situasi lalu lintas terkini.

5G yang bahkan mampu mendukung resolusi 8K, memberikan tampilan video beresolusi tinggi, sehingga detail gambar akan semakin terlihat jelas dan tajam. 5G bahkan mendukung pemantauan lalu lintas secara realtime, memungkinkan polisi untuk mengetahui kendaraan yang tengah melaju di jalan raya, jenis kendaraan serta berapa kecepatannya kendaraan tersebut.

Kebersihan
Konsep smart city memungkinkan segala sesuatu terhubung satu sama lain. Dengan internet cepat, maka informasi bisa diterima dengan cepat dan penanganan yang lebih baik, terutama untuk mendukung kebersihan lingkungan.

Smart Trash Bin, sesuai namanya, dipaparkan oleh Huawei dalam upaya mengampanyekan 5G, hal ini bisa memudahkan petugas kebersihan di dalam pekerjaan mereka. Dengan kemampuan monitoring dan internet cepat, maka petugas tidak perlu lagi mendatangi setiap tempat untuk memeriksa seberapa banyak sampah yang harus diangkut.

Cukup memeriksanya dengan bantuan teknologi, melihat status atau kondisi tempat sampah, untuk kemudian mengerahkan petugas kebersihan apabila sudah saatnya sampah tersebut diangkut.

Perikanan
Internet berkecepatan tinggi disertai teknologi kecerdasan buatan memungkinkan peternak ikan untuk memantau kondisi air, memberikan waktu makan yang tepat untuk ikan.

Selain itu, peternak ikan juga bisa memonitor kesehatan ikan, memudahkan dalam hal kontrol dan pemeliharaan, sehingga mendukung efisiensi maupun mengurangi beban pekerjaan manusia.

Penyiaran
5G juga bisa dimanfaatkan untuk menyederhanakan peralatan penyiaran. Dengan demikian, di masa depan tidak perlu lagi membawa peralatan berat atau mobil khusus, melainkan cukup mengandalkan peralatan yang lebih sederhana.

Memanfaatkan teknologi 5G juga mengefisiensikan beban pengeluaran perusahaan penyiaran dan juga bisa mereduksi jumlah personil atau staf penyiaran yang turun ke lapangan.

Berdasarkan keterangan Huawei, penyiaran TV live memerlukan kendaraan penyiaran yang bernilai sedikitnya 80 juta Yuan dan 150 onsite pekerja untuk merekam, mengedit, transmisi dan penyiaran. Belum lagi, pengeluaran yang tinggi dari transmisi satelit.

Akan tetapi, hal ini bisa berubah dengan cloud broadcasting, di mana biaya lebih rendah sedikitnya 10 ribu Yuan dan sudah mendapatkan 5G CPE serta cukup menurunkan personil, yakni lima pekerja.

Video real-time dikirimkan ke stasiun TV melalui jaringan 5G, sehingga penyiaran bisa dilakukan kapanpun dan di manapun.

Sumber : https://techno.okezone.com/read/2019/06/26/54/2070970/5-manfaat-teknologi-5g-mulai-dari-bidang-kesehatan-hingga-penyiaran
Foto : Forbes

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *