Pengguna komputer tentu sangat dimudahkan dengan fitur copy paste serta cut. Kabar duka menyeruak, ilmuwan yang menciptakannya meninggal dunia.
Larry Tesler, menghembuskan napas terakhir di usia 74 tahun. Tesler mulai bekerja di Silicon Valley pada tahun 1960-an. Kala itu, masih sangat sedikit orang yang dapat mengakses komputer.

Larry kemudian banyak berinovasi, termasuk menciptakan komando cut, copy dan paste. Tak terbantahkan, fitur tersebut membuat komputer pribadi menjadi makin berguna.

Penemu cut/copy & Paste dulu adalah mantan periset Xerox, Larry Tesler. Pekerjaan Anda menjadi lebih mudah berkat idenya yang revolusioner,” demikian tribut dari Xerox.

Tesler lahir di Bronx, New York pada 1945. Ia kuliah di kampus bergengsi, Stanford. Setelah lulus, ia menjadi spesialis desain user interface dengan tujuan memudahkan pemakaian komputer.

Dikutip detikINET dari BBC, Tesler bekerja di berbagai perusahaan besar. Ia mulai berkarir di Xerox Palo Alto Research Center (Parc).

Steve Jobs kemudian membajaknya, jadilah Tesler bekerja di Apple selama 17 tahun dan menjadi Chief Scientist. Setelah itu, dia membuat startup edukasi dan bekerja singkat di Amazon dan Yahoo.

“Setelah menghasilkan uang, Anda tidak begitu saja pensiun, Anda menghabiskan waktu mendanai perusahaan lain. Ada elemen kesenangan yang sangat kuat untuk membagikan apa yang Anda pelajari ke generasi selanjutnya,” kata Tesler mengenai misinya.

Cut, copy, paste sendiri dibenamkan di software Apple untuk komputer Lisa pada tahun 1983. Juga di komputer Macintosh original yang rilis setahun kemudian. Rest in peace, Mr Tesler.

Sumber : https://inet.detik.com/cyberlife/d-4907009/kabar-duka-pencipta-copy-paste-meninggal-dunia

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *