sumber : beritateknologi

Dalam mengelola aplikasi web yang berjalan di server suatu waktu administrator web berhadapan dengan adanya masalah performa yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Dan kadang kala mengetahui penyebab masalah bukan hal yang mudah serta sulit ditemukan tanpa adanya perangkat bantu yang bisa menolong kita.Oleh karena itu diperlukan adanya aplikasi atau perangkat lunak yang bisa membantu dalam memonitor performa aplikasi web yang kita jalankan di server.

JENNIFER merupakan software APM (Application Performance Monitoring) dari perusahaan bernama JENNIFERSOFT.INC yang berasal dari Korea. Perusahaan ini telah memiliki banyak konsumen (lebih dari 1000 perusahaan) bahkan mendapatkan penghargaan KOREA SW Grand Prize di tahun 2016

Aplikasi JENNIFER ini memungkinkan kita memonitor aplikasi kita dari berbagai aspek dengan lengkap dan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan baik melalui notifikasi dalam aplikasi web ini, email atau SMS.

Jadi apabila terjadi kondisi misalkan penggunaan CPU melebihi batas yang kita tentukan, penggunaan memori yang melebihi limit yang kita tentukan sehingga aplikasi menjadi lambat. Kita juga bisa mengetahui seberapa banyak pengguna yang aktif, seberapa banyak transaksi, atau jumlah koneksi database yang aktif maupun perintah SQL yang dijalankan oleh aplikasi web yang kita monitor. Dari aplikasi JENNIFER kita bisa mendapati informasi response time (waktu respon aplikasi saat digunakan) apakah aplikasi kita tergolong cepat atau lambat, dan dengan Jennifer kita bisa menganalisa dan mengambil tindakan yang diperlukan apabila dirasa waktu respon tergolong lambat.

Ada 3 komponen utama dari JENNIFER, yaitu aplikasi Server Data, Server View dan Agent. Server Data berfungsi menerima data yang dikirim dari Agent, Server View untuk melihat data atau informasi serta dashboard, serta Agent yang perlu diinstall pada Server yang ingin dimonitor.

Kita bisa memilih untuk menginstall ketiga komponen JENNIFER ini pada server yang sama ataupun di lokasi server yang berbeda.

Ada dua bagian utama dari aplikasi ini yaitu Real Time Monitoring serta Analysis/Statistics. Pertama-tama setelah login kita akan mendapati halaman Dashboard Realtime yang tampak seperti berikut;

sumber: beritateknologi

Pada halaman Real Time Monitoring, pengguna bisa melihat kategori metrik berikutk:

  1. X-View, menampilkan informasi response time yang terdistribusi dari transaksi yg sedang berjalan via real time X-View. Pada real-time X-View , juga terdapat fasilitas merubah perspektif dan filter.
  2. Memory, menampilkan informasi seperti System Memory Utilization
  3. User, menampilkan informasi seperti Concurrent Users
  4. Event, menampilkan “event” yang bisa kita tentukan seperti BAD_RESPONSE_TIME_SQL, OUT_OF_MEMORY
  5. System Resource, menampilkan informasi seperti System CPU Utilization (Real-time Linear Chart)
  6. DB/SQL, menampilkan informasi seperit SQL Counts DB Connection, seperti Active DB Connection
  7. Business, menampilkan informasi seperti Active service

X-View merupakan salah satu fitur menarik yang merupakan hasil karya JENNIFERSOFT.INC di mana kita dapat melihat waktu response berbanding dengan waktu dan memilih apa saja “metrik” yang ingin ditampilkan.

sumber: beritateknologi

Titik titik perbedaan berwarna di X-View itu mengartikan response time, jika menemukan warna merah, itu artinya proses transaksi lebih dari 8 detik, orange 5-8 detik, dan seterusnya.

Apabila kita menseleksi pada “titik-titik berwarna seperti biru ungu hijau” yang tampak di atas , kita bisa melihat secara detail proses apa saja yang berjalan melalui window pop up yang muncul setelah kita menseleksi bagian yang kita ingin analisis dari chart tersebut kemudian melepas mouse. Anda dapat melihat tampilan pop up window yang muncul seperti gambar berikut ini:

sumber: beritateknologi

Pada window tersebut kita dapat melakukan timeline analysis yang detail seperti Timeline Analysis, Section Analysis, Socket, File, Message serta ERROR. Di bagian bawah kita bisa melihat Call tree dari transaksi yang berlangsung di mana di dalamnya kita bisa melihat perintah SQL yang dijalankan pada transaksi yang terseleksi di chart X-View.

JENNIFER memiliki fitur mengirimkan alert otomatis melalui sms, email bahkan melalui Telegram maupun Slack ke administrator apabila terjadi sesuatu event yang telah kita tentukan sebelumnya seperti event saat terjadi ERROR atau METRIC, untuk event ERROR contohnya koneksi database gagal, respon SQL terlalu lama, atau kekurangan memori, dsb. Berikut ini sebagian tampilan event ERROR yang ada pada JENNIFER:

sumber: beritateknologi

Dari berbagai metrik atau fungsi monitor yang ada kita bisa mendapatkan laporan rangkuman atau REPORT yang bisa diinformasikan melalui SMS atau pun email kita. Berikut ini contoh Performance Report yang dihasilkan oleh JENNIFER di mana kita bisa melihat laporan Transaction per second, grafik Active Services, Average Response Time, HitCount serta Visit Users per Hour, Concurrent Users selama periode yang kita tentukan, misalkan daily.

sumber: beritateknologi

Kelebihan JENNIFER

Penulis kagum dengan kelengkapan fitur yang ditawarkan dengan JENNIFER ini, karena tergolong sangat lengkap, serta menawarkan pengaturan yang cukup fleksibel, termasuk user defined dashboard. Saat menggunakan aplikasi JENNIFER ini, penulis merasa aplikasi ini berjalan dengan cepat dan mulus, instalasi juga tergolong mudah dan fitur help juga menawarkan informasi yang lengkap seputar fitur yang ditawarkan.

Kekurangan JENNIFER

– Tidak ada fitur/menu help pada masing-masing widget yang bisa memberi informasi dengan mudah dan sesuai konteks secara cepat

– Tidak ada panduan/tutorial langkah demi langkah di dalam aplikasi yang membantu bagi pemula untuk memanfaakan JENNIFER

– Tampilan UI dan desain kami rasa kurang menarik


sumber : https://www.beritateknologi.com/review-software-jennifer-untuk-memonitor-performa-aplikasi-web/

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *